22 August 2015

OWNCLOUD bersanding dengan FREENAS

Teknologi dunia maya semakin berkembang. Saya pun sudah tidak mengikuti dengan cepat. Karena tuntutan pekerjaan, saya mencoba sharing dengan teman-teman baik di kantor maupun di komunitas. Keperluan di kantor adalah penyimpanan data yang lumayan aman (dari sisi keuangan hehe). Akhirnya saya memilih owncloud untuk penyimpanan data menggunakan web dan aplikasi desktop. Untuk cara menginstall dan mengkonfigurasi sistem owncloud ada banyak yang menulisnya. Salah satu yang saya akan coba adalah menggunakan server freenas yang sudah ada.
Freenas sendiri punya plugin dan jail teknologi. Saya pahami jail di Freenas seperti virtual machine OS yang bisa menggunakan Freebsd ataupun linux based. Sebagai pengguna awam ada baiknya membaca dokumentasi freenas 9.3 agar lebih paham sedikit dan mohon maaf, saya tidak menyertakan berbahasa indonesia. Dan kemudian saya mendapatkan beberapa referensi yang dapat membantu menyelesaikan instalasi Owncloud on Freenas. Diantaranya
  1. http://blog.degotardi.id.au/2015/03/owncloud-8-0-2-in-a-freenas-9-3-jail
  2. https://www.freebsdnews.com/2014/10/23/install-owncloud-freenas-jail
Selamat mencoba.....

No comments:

Post a Comment