24 September 2016

Tips Dengan hardisk sangat kecil untuk sistem di Windows.

Untuk saat ini penyimpanan hdd sudah sangat besar, tetapi jika ingin meningkatkan performa perlu mencoba menggunakan SSD karena kecepatan baca dan tulisnya sangat jauh. Kecepatan berbanding lurus dengan harga. Dari segi besar kapasitas SSD cukup menghabiskan banyak dana. Kapasitas 500GB bisa sampai 3-5 jutaan dengan kisaran dolar 13rban rupiah.
Ada beberapa tips agar penyimpanan menjadi optimal.
  1. Memeriksa Windows Update Cache. Apabila windows kita sudah dalam jangka waktu lama melakukan update, biasanya cache nya masih tersimpan. Dan cukup menghabiskan kapasitas Harddisk. Jika koneksi internet anda cukup besar berarti tidak perlu menyimpan cache tersebut. Cara menghapus dengan aman :
  • Gunakan Command Prompt dengan klik kanan run administrator.
  • Kemudian lakukan perintah :
    net stop wuauserv
    CD %Windir%
    CD SoftwareDistribution
    DEL /F /S /Q Download
    net start wuauserv
  • Proses penghapusan Update cache telah selesai.
  1. Memeriksa windows installer yang tidak digunakan. Cara lebih amannya menggunakan aplikasi. Aplikasinya gratis jadi tidak perlu khawatir, silahkan mengunduh http://appnee.com/wicleanup/
  2. Jika memory yang anda gunakan diatas 4GB dan mengaktifkan hibernate. Maka hiberfil.sys akan terbuat di drive C. Bagaimana jika komputer tsb menggunakan 16 GB? Lumayan. Silahkan menonaktifkan hibernate nya.
  3. Kasus yang sebelumnya sama jika Ram anda 16GB, maka virtual memory anda secara otomatis dua kali lipat ram anda. Lakukan set manual kapasitas virtual memory yang anda gunakan.
  4. Pindahkan atau ubah settingan document di drive C ke drive lain sehingga secara otomatis dokumen anda tersimpan di drive selain C.
  5. Gunakan aplikasi untuk menghapus temp file anda yang tersimpan di drive C secara berkala.




Demikianlah sedikit tips dari saya untuk pembaca yang mungkin memerlukan bantuannya.

No comments:

Post a Comment