15 August 2015

Troubleshooting : ACL di FREENAS 9.3

Setelah lama menggunakan FreeNAS, saya pun mencoba versi baru 9.3. Tetapi sebelumnya versi 8.2 sudah ada fungsi baru yaitu plugin Jail. Kemudian saya install firefly, setelah terinstall tanpa sadar fungsi ACL (access Control List). Disinilah mulai permasalahan di Server Freenas (Dalam persepsi saya).

Mari kita mulai, dalam manual freebsd disini. Pembentukan hak akses ACL ditingkatkan, hanya saja saya baru mengenal teknologi ini saya tidak bisa menjelaskan secara detail. Apa yang menjadi masalahnya jika ACL aktif? Masalahnya karena saya belum mengerti secara mendalam wkwkwkwk.
Jika ACL tersebut aktif maka fungsi chmod tidak diperbolehkan. Walaupun menggunakan user yang paling tinggi ('root') ternyata tidak mempan.

Tantangannya bagaimana caranya mengembalikan keamanan data secara tradisional UNIX?
Kembali ke manual freebsd. Didalam literatur


https://forums.freebsd.org/threads/setting-acls-recursively-howto.35093/

https://forums.freenas.org/index.php?threads/setfacl-recursive-quick-and-dirty-how.16146/


No comments:

Post a Comment