15 February 2009

Demam Conficker

Demam Conficker

Salah satu virus ini menjadi sangat terkenal, apalagi penyebarannya yang sedikit berbeda dengan virus lokal menggunakan penyimpanan flash drive. Saya menulis artikel conficker karena saya termasuk yang terinfeksi (setelah sebelumnya terinfeksi alman/sality). Penyebaran confiker menggunakan media jaringan, jadi apabila computer menggunakan jaringan baik lokal maupun menggunakan koneksi internet kemungkinan besar akan terjangkit conficker. Salah sati contohnya adalah menggunakan koneksi internet Im2. Mengapa? Karena im2 menggunakan metode shared bandwidth untuk koneksi internetnya. Ada beberapa artikel yang saya baca tentang security bahwa apabila menggunakan im2 kita dapat menyerang user sesama im2. Wah jika begitu jaringan tersebut tidak aman, ya tentu saja.

Cara mengobati komputer yang sudah terinfeksi caranya cukup mudah, dengan mencari di google cara menghapus virus ini. Yang menjelaskan virus ini sudah cukup banyak jadi lebih mudah. Saya mendapatkan beberapa link yang perlu dibaca sesuai dengan milis yang saya ikuti.

http://vaksin.com/2008/1208/conficker/conficker.htm
http://vaksin.com/2009/0109/conficker2/conficker2.htm

Untuk patch windows sendiri untuk mencegah terinfeksi ulang dengan update

http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx



Serta melakukan blok menggunakan firewall

  • UDP Port 135, 137, 138 dan 445
  • TCP Port 135, 139, 445 dan 593

Semoga membantu, jika ingin lebih aman lagi seperti biasa gunakan linux. Hehe.

No comments:

Post a Comment