30 December 2008

Balik kenangan lama

Sore hari chat oleh teman, katanya windows explorer tidak bisa dibuka terus selalu muncul pesan agar komputernya discan. Hahaaa, masalah ini sering muncul apabila komputer tersebut terkoneksi jaringan internet. Padahal sebelumnya saya baru membaca dampak bug dari ie. 
Kelemahan sistem windows sering dijadikan oleh orang jahil untuk mendapatkan keuntungan. Dengan penyebaran spyware, virus, trojan atau apapun namanya. Alhasil pengguna windows menjadi selalu was-was dengan data-data yang tersimpan dikompie.

Sebaiknya cegah dengan melakukan backup secara rutin, pisahkan data kantor-software-lagu-gambar buatkan pengelompokan. Karena virus biasanya menginfeksi data kantor berupa file office. Namun memang tidak dipungkiri file gambar atau pun lagu menjadi incaran virus. Hahaha, termasuk saya pun kebobolan virus karena terlalu percaya dengan file exe yang tidak terinfeksi. Eh ternyata kena juga. haha.

Gunakan aplikasi anti virus, anti-trojan, firewall ,tools lainnya untuk menangkal serangan dari internet. Selalu mengikuti berita security windows dengan mengikuti milis ataupun forum. Berita menjadi lebih penting karena pengguna komputer mendapatkan pelajaran. Hal ini berlaku untuk semua orang walaupun bukan di bidang komputer. Sama halnya dengan kesehatan manusia, hampir miriplah menurut saya. Hanya bedanya kesehatan manusia untuk dirinya dan kesehatan komputer untuk penggunanya. Jika tidak ingin terkena mudah saja, komputernya ngak usah dinyalain, hahaha. Namanya juga sistem operasi bayar, jika ingin aman bayar dulu. 

Jika sistem komputer hanya digunakan untuk keperluan mengetik, ngenet, dengerin musik mengapa tidak mencoba sistem linux?. Saya pun termasuk lelah, dikantor selalu pusing jika mengurusi perbaikan windows yang lebih rumit dari linux yang hanya bermasalah pada mengubah kebiasaan orangnya.
Siapa bilang linux itu ribet, susah, ngak user friendly. Teman saya aja yang lebih support windows kalo ada masalah malah biasanya menggunakan Linux untuk mengatasi masalahnya. Piece my friend.

1 comment: