04 February 2013

Torrent Peer to Peer

Sudah berpindah tahun, masih belum menuliskan apapun diblog ini. Dan terkadang terlupakan dengan aktivitas rutin rumah dan kantor :D.
Saya coba menjelaskan tentang satu aplikasi yang selama beberapa bulan ini di pakai untuk mengunduh beberapa film kesukaan ataupun kebutuhan lain yang berhubungan dengan dunia maya :P. Kecanduan film dan kecepatan jalur internet yang lumayan menjadi salah satu faktor mengapa menggunakan aplikasi ini.
Karena biasanya jalur unduh film yang membosankan menjadikan beralih ke aplikasi torrent. Prinsip kerja torrent menurut saya mirip sharing file, hanya saja cara kerja mensinkronisasi file yang dibutuhkan dari beberapa user yang mengaktifkan torrent. 

Gambar ini saya ambil dari wiki yang mengilustrasikan cara kerja torrent. Keuntungan menggunakan torrent dapat menghentikan sementara (pause) ataupun melanjutkan unduhan. Kekurangannya, jika sumber file aslinya sudah tidak ada maka akan mengandalkan user torrent yang masih memiliki file sharing yang aktif. Aplikasi yang tersedia pun sangat beragam. salah satu aplikasi yang biasa saya gunakan adalah µtorrent.
Untuk alamat yang menyediakan file torrent beragama beberapa adalah kat.ph, thepiratebay.se, isohunt.com. untuk file torrent khusus film adalah yify.

Selamat berselancar.

No comments:

Post a Comment