28 February 2010

Membuat diagram di Mac®

Setelah beberapa bulan yang lalu saya mengganti sistem operasi ke Mac. Saya menyesuaikan dengan beberapa aplikasi. Salah satunya adalah pekerjaan membuat diagram yang biasanya menggunakan Visio, akhirnya saya pun mencari padanan yang digunakan di Mac. Ialah Omni Graffle merupakan aplikasi untuk membuat diagram. Saya mencoba membahasnya di sini

Seperti biasa sebuah aplikasi yang berbayar memiliki beberapa jenis aplikasi sesuai harga dan fitur, versi Professional dan Standard.

Kemudian untuk fiturnya
  • Subgraps : Gunakan subgraphs untuk memperluas dan memperkecil segmen diagram seperti yang dapat memperbesar dan menutup baris dalam tampilan outline. Membuat satu diagram yang disederhanakan atau serumit yang dibutuhkan.
  • Shared Layers : Membagi kesukaan antara kanvas dengan Shared Layers. Bila memiliki elemen umum yang diingin untuk ditampilkan di kanvas yang berbeda, Shared Layers memudahkan agar dapat diperbaharui. Mengubah objek pada Shared Layer (logo, latar belakang, sebuah gambar rangka) dan perubahan langsung muncul di setiap kanvas yang berbagi lapisan. Fitur ini mirip yang digunakan pada photoshop.
  • Greater Visio Support : Fitur ini dapat membuka Microsoft Visio (VSD) file secara langsung di OmniGraffle, bersama dengan Visio stencils (VSS) and Visio templates (VST).
  • Custom Data : Dapat menggunakan tabel Custom Data untuk menjaga informasi tentang obyek di kanvas. Data ini dapat digunakan untuk script atau hanya untuk referensi saja. Notes : Notes adalah cara praktis untuk menyimpan informasi tentang obyek yang berubah-ubah dalam sebuah diagram. Sebuah objek yang nantinya akan menampilkan catatan pada waktu penunjuk kursor berhenti sejenak ; klik note inspector untuk melihat dan mengedit Note, dapat menggunakan rich text di Notes, sehingga dapat ditata dan menyertakan link ke situs web. Notes dapat diimpor dari atau diekspor ke OmniOutliner, dan juga ditampilkan dalam modus presentasi.
  • Tables : dapat mengkonversi bentuk apapun ke dalam tabel. Tambahkan baris dan kolom hanya dengan menyeret gagang atau menggunakan shortcut keyboard, pilih individual cells dengan mengklik tabel sekali, kemudian mengklik cell. Secara teknis umumnya: Tables telah membuat lebih mudah untuk grafis menampilkan informasi dari EOModeler diimpor, Project Builder, dan Interface Builder file.
  • Document Scales : Gunakan OmniGraffle Profesionals ruler dengan dimensioning otomatis ketika menggambar sesuatu untuk skala, skala menjadi hubungan antara ukuran halaman dan ukuran benda-benda yang ditarik. dapat mengatur skala seperti "1 in = 2 ft" atau "100 px = 1 km" dan OmniGraffle menangani sisanya - tidak perlu melakukan perhitungan matematika secara manual.
  • Shape Combinations : Fitur ini memungkinkan untuk menggabungkan dua shape menjadi satu kesatuan, gunakan salah satu bentuk untuk membuat lubang dalam bentuk lain (subtract), atau membuat bentuk yang sama sekali baru dari daerah di mana dua bentuk tumpang tindih (Intersect). Ini adalah alat yang sempurna bila sedang bekerja, Anda telah membuat teka-teki gambar terbaru karya!
  • SVG export : OmniGraffle Proffesional mendukung mengekspor ke Scalable Vector Graphics (SVG) format yang dapat menampilkan dokumen OmniGraffle indah pada ukuran apa saja, di mana saja melihatnya di layar ponsel atau pada banner cetak besar.
  • Multiple Editing Windows : Bila Anda perlu mengedit bagian-bagian yang berbeda dari file OmniGraffle Anda, seperti kanvas yang berbeda dalam dokumen Anda atau area tertentu di kanvas Anda, Anda dapat membuka jendela terpisah untuk melakukan pekerjaan Anda. Anda dapat memiliki beberapa jendela pengeditan pada setiap satu dokumen, sehingga Anda tidak perlu beralih dari kanvas ke kanvas atau memperbesar dan memperkecil untuk mendapatkan pekerjaan. Buka banyak jendela yang Anda inginkan untuk membantu Anda bekerja pada tugas yang berbeda sambil menyimak gambaran besar.
  • Presentation Mode : Perlu untuk berbagi diagram dengan audience? Dengan Presentation Mode, anda dapat memamerkan semua pekerjaan besar telah Anda buat. Presentation Mode memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa kanvas bersama, dan menjalankan sebuah slide show yang menampilkan dokumen layar penuh. Item pada kanvas Anda dapat berubah menjadi link yang dapat diklik menavigasi seluruh berkas OmniGraffle Anda - Anda dapat pindah dari kanvas ke kanvas, maju dan mundur. Sekarang Anda punya cara ampuh lain untuk berkomunikasi secara visual dengan menggunakan informasi OmniGraffle.
  • Favorites : Shape Pada toolbar terdapat menu drop-down yang menampilkan berbagai bentuk dan gaya yang digunakan dalam dokumen tertentu, sehingga Anda dapat memilih item yang ada untuk memulai menggambar dengan atribut yang sama. OmniGraffle menambahkan kemampuan untuk mengkonfigurasi "favorit" gaya untuk disimpan dalam menu yang sama, untuk digunakan berulang-ulang. Sebagai contoh, jika Anda sering menggambar bulat persegi panjang dengan mengisi kemerahan dan 50% bayangan, Anda bisa menambahkan ini ke favorit.
  • ColorSync : Untuk memastikan anda akan mencetak dokumen profesional persis seperti yang Anda telah dirancang mereka, OmniGraffle Professional mendukung teknologi ColorSync Apple untuk memberikan pemeriksaan secara mendalam. ColorSync adalah industri manajemen warna standar teknologi yang memastikan keakuratan warna dari ambil untuk mencetak atau online layar. Untuk memberikan kontrol atas pencocokan warna di setiap langkah proses alur kerja - ColorSync kompensasi untuk setiap penyimpangan dalam sistem menangkap gambar dari scanner, anomali dari layar monitor, dan komponen pencitraan warna printer dan output devices.

No comments:

Post a Comment