11 December 2009

Ada kutu di openoffice 3.1 karmic

Lama tak menulis diblog ini jadi agak kaku juga pada saat menulis pertama kali.

Karmic merupakan kode nama untuk distro ubuntu terbaru 9.10 (lengkapnya karmic koala). Dari segi graphis sudah memiliki banyak kemajuan walaupun banyak juga turunan dari distro ini yang tampilannya dipercantik lagi seperti linux mint misalnya.
Tetapi sayangnya setelah release saya menyimak di forum ataupun milis ada permasalahan. Itulah tantangan jika menggunakan linux :D, belum lagi isu-isu yang menuliskan bahwa ubuntu bukan lagi linux opensource. Agak memanas juga. Belum lagi file system baru ext4 yang marak dibicarakan. fiuuuuh, balik ke topik saja.
Menggunakan karmic memang agak berbeda karena kernel yang digunakan sudah tidak mendukung hardware zaman dahulu kala (misal pentium 3 ke bawah). Tetapi dari segi kecepatan boot sudah tidak lama lagi, ada kelebihan dan kekurangan, termasuk juga penggunaan openoffice terdapat hal yang tidak lumrah karena. Hal ini juga bukan saya sendiri yang menemukan, salah satu user dikantor setelah komputernya saya install ulang menggunakan karmic mengeluh tidak bisa mengatur 'print range', pada saat saya coba kembali ternyata benar. Saya mencoba mengakalinya tidak berpengaruh. Jalan keluar yang cepat adalah saya downgrade openoffice versi 3.0, masalah akhirnya terpecahkan.


No comments:

Post a Comment