09 July 2009

Stellarium di Ubuntu

Tinggal beberapa minggu lagi masuk bulan ramadhan, biasanya pada penentuan hari pertama puasa bakal marak diperdebatkan. Buat yang masih awam dengan perhitungan penanggalan hijriyah biasanya ikut aja apa kata pemerintah.
Secara sederhana perhitungan penanggalan hijriyah bergantung pada posisi matahari, bumi dan bulan dimana bulan sebagai objek yang dilihat dengan mendapatkan pantulan sinar matahari penuh (bulan purnama) kemudian pantulan cahaya matahari terkadang terhalangi oleh bumi ( bulan sabit ).
Pergantian bulan ditandai dengan pergantian bulan sabit ke bulan mati kemudian ke bulan sabit lagi. Jadi bisa dikatakan bulan purnama merupakan pertengahan bulan pada penanggalan hijriyah.
Waduuh kok jadi jelasin hijriyah yaa :D, padahal saya cuman mau memperkenalkan aplikasi stellarium tentang perbintangan. Dan disitu juga bisa melihat benda-benda langit termasuk bulan. Aplikasi ini sudah pernah saya bahas dengan aplikasi starry night di windows. Tetapi disini saya mencoba menggunakannya di linux berbasis ubuntu.

Untuk installasinya cukup mudah, system sudah terhubung dengan jaringan internet. repositorynya sudah di arahkan ke server terdekat.

Install stellarium


Posisi bulan di kota makassar


posisi bulan di kota Jakarta


Untuk mencoba menggunakan Stellarium di windows silahkan unduh di website portableapps.com

Masih penasaran, ayo dicoba donk :D

No comments:

Post a Comment