31 December 2008

Tutorial Mengubah Tampilan Blog

Mengajar kadang gampang-gampang susah. Apalagi kalo ilmunya itu Cuma coba-coba aja. Hmmm, saya coba berusaha untuk membuat turorial ini walaupun bingung harus dimulai dari mana.

Bagaimana sebuah blog bias tampil menarik? Itu karena pengaturan skrip css (Cascading Style Sheets). Tapi disini saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh apa itu css karena belum keahlian saya. Yang saya lakukan nantinya tidak sampai mengubah skrip css. Saya hanya bisa sampai mengubah tampilan menjadi lebih menarik dengan menggunakan template yang sudah ada dibuat oleh orang web designer professional yang baik hati, Hehe.

Cara mudah dengan menggunakan search engine google untuk mencari template tersebut. Jika blog yang digunakan menggunakan wordpress maka silahkan cari template blog wordpress. Saya beri contoh menggunakan blogger karena kebetulan yang saya gunakan blog blogger.

  • Buka browser kemudian tujukan ke situs google , masukkan kata kunci berupa 'template for blogger' . Salah satu situsnya yang kebetulan saya gunakan

  • Unduh template tersebut, biasanya berupa file kompresi
  • ekstrak isinya trus upload ke blogger
  • kemudian pada bagian setting blog masuk ke  layout --> edit html
  • klik choose file untuk upload berupa file xml dari hasil unduh tadi

  • Saya belum memberi tahukan kalo pada saat mengubah template nanti ada peringatan untuk menghapus seluruh widget yang sudah di buat. Hati-hati yaah, saya ngak tanggung jawab atas kehilangan widgetnya.
Selamat Mencoba

1 comment: