15 July 2008

Vino

Salah satu aplikasi ini mungkin tidak terlalu dikenal tetapi aplikasi ini sudah terinstall pada sistem operasi ubuntu hardy deron dan ubuntu versi sebelumnya juga sudah ada. Vino merupakan aplikasi remote desktop yang cukup mudah penggunaannya, karena menggunakan dasar dari aplikasi VNC. untuk aktifkan aplikasi ini silahkan masuk ke menu system--> Preferences --> Remote Desktop.
hihihi ternyata aplikasi ini sudah kelihatan fungsinya.
Untuk mengaktifkannya ternyata tidak terlalu sulit, tinggal melakukan centang pada "allow other users to control your desktop" yang fungsinya user lain dapat melihat aktivitas desktop yang digunakan. kemudian jika ingin dapat dikontrol jarak jauh maka silahkan centang bagian "Allow other users to control your dekstop".
Pada bagian bawah merupakan keamanan pada saat remote. jadi jika ingin mengakses desktop diperlukan verifikasi menggunakan password ataupun perizinan dari komputer yang akan di remote.



Pada sisi Advanced jika ingin diset lebih aman lagi yaitu mengatur port sendiri dan menggunakan enkripsi.



Tetapi cara penggunaanya gimana?.

naah apabila sesama linux dapat menggunakan remote desktop biasa yaitu "Remote Desktop viewer" dengan protokol VNC atau port standard 5900. ataupun langsung menggunakan aplikasi VNCviewer.

Bagaimana dengan selain linux?

Jika ingin melakukan remote selain menggunakan linux, dapat menggunakan Aplikasi VNCviewer sesuai versi sistem operasinya.

No comments:

Post a Comment