24 June 2007

Install 3 os linux

Saya telah meng-install sistem operasi linux dengan beberapa distro. Yaitu ubuntu 7.04 , open suse 10.1 dan centOS 5. ketiganya saya install dan semua OS dapat berjalan dengan baik. Boot loader yang saya gunakan adalah opensuse 10.1 . saya memilih grub suse karena mudah untuk diperbaiki. Dengan memasukkan cd opensuse, saya tinggal pilih other maka akan muncul untuk meng-install boot loader atau masuk ke opensuse. Jika masuk ke opensuse, saya akan menggunakan Yast untuk memperbaiki bootloader saya. Cukup mudah untuk pemula yang mencoba menggunakan linux lebih dari satu.
Susunan partisi harddisk yang saya pakai adalah sbb:
1./boot
2.swap
3./ (root untuk ubuntu 7.04)
4./ (root untuk CentOS 5)
5./home ( untuk semua linux)
6.partisi yang belum digunakan
7./ (root untuk opensuse 10.1)
untuk kapasitas setiap partisi dapat diperkirakan saja. Untuk boot saya pakai 1 GB, untuk swap saya pakai 500 MB, untuk home saya pakai 4GB dan root setiap OS disesuaikan dengan kapasitas OS tersebut.
Mudah-mudahan yang lain dapat mencobanya

No comments:

Post a Comment